Brosur

Video

Kursor

Music in Blog

Hams

Twitt

Rabu, 23 Desember 2015

Pesona Kepulauan Raja Ampat Papua Barat yang Memikat

Pesona Kepulauan Raja Ampat Papua Barat yang Memikat

Kepulauan Raja Ampat – Satu lagi rekomendasi tempat wisata bahari terbaik di Indonesia yang eksotis dan menakjubkan, Raja Ampat. Kepulauan Raja Ampat merupakan rakaian empat gugusan pulau yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Keempat  gugusan pulau ini lokasinya berdekatan dan berada di bagian kepala burung pulau Papua. Kepulauan Raja Ampat termasuk ke wilayah pemerintahan Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Indonesia.
Tempat ini memiliki keindahan pemandangan bawah laut yang menakjubkan dan menjadi destinasi terbaik di Indonesia sehingga Kepulauan Raja Ampat selalu dikunjungi para penyelam kelas dunia.
Menurut mitos masyarakat setempat, nama Raja Ampat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat di antaranya menetes menjadi empat pangeran yang kemudian masing-masing menjadi raja di Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Sedangnya 3 butir lainnya menjadi hantu, wanita dan batu.
Kepulauan Raja Ampat dihuni oleh masyarakat yang tinggal di kampung-kampung kecil, letak rumah mereka berjauhan dan berbeda pulau. Secara umum masyarakat Kepulauan Raja Ampat berprofesi sebagai nelayan. Di Kepulauan Raja Ampat ada tradisi “para-para pinang” yaitu mengobrol sambil makan pinang.
Mereka terkenal ramah terhadap tamu, apalagi kalau Anda membawa oleh-oleh kesukaan mereka berupa pinang. Masyarakat di sini mayoritas memeluk agama Islam dan Kristen, namun meskipun berbedaa keyakinan mereka tetap hidup rukun berdampingan.
Akses menuju Kepulauan Raja Ampat Papua. Perjalanan wisata ke Raja Ampat memang memakan biaya cukup besar dan waktu yang lama, namun akses menuju kepulauan ini tidak terlalu sulit. Jika Anda berniat melakukan wisata ke Kepulauan Raja Ampat disarankan untuk mengikuti promo penerbangan menuju kota Sorong. Atau memilih jalur alternatif melalui jalur laut menggunakan kapal PELNI menuju kota Sorong.
Dari Kota Sorong naik angkutan umum menuju ke pelabuhan, di sini kita harus membeli tiket masuk kawasan Raja Ampat. Dari Pelabuhan Sorong kita dapat menggunakan kapal rakyat yang berlayar setiap pukul 14.00 WIT menuju Ibu Kota Raja Ampat dengan biaya Rp. 120.000 per orang selama kurang lebih 2 jam perjalanan.
keindahan kelupauan raja ampat papua

Keindahan alam Kepulauan Raja Ampat. Untuk menjelajahi Kepulauan Raja Ampat, kita harus menyewa boat dengan kisaran harga Rp. 8 juta – 30 juta. Jadi supaya dapat menekan biasa transfortasi, disarankan mengunjungi Raja Ampat secara berkelompok atau patungan dengan wisatawan lain. Waktu yang tepat menjelajahi Kepulauan Raja Ampat adalah mulai pukul 07.00 WIT sampai petang karena bisa belajayar ke lima pulau yang berdekatan mulai dari Selat Dampir, Pulau Pensil, Gua Karang, Resor Sorido dan Pulau Lage Peley.
Pengunjung Kepulauan Raja Ampat kebanyakan adalah para penyelam, namun lokasi ini juga menarik bagi wisatawan non penyelam. Raja Ampat memiliki pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau mempesona dan flora-fauna endemik yang unik seperti cenderawasih merah, cenderawasih Wilson, maleo Waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek.
Spesies laut yang unik dapat dijumpai saat menyelam di antaranya kuda laut katai, wobbedong, ikan pari manta, ikan eviota raja. Kalau beruntung, Anda bisa melihat penyu dan ikan duyung berenang di sekitar Anda.
Menurut berbagai sumber, perairan di Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik di dunia untuk kegiatan diving sive. Bahkan kelengkapan flora dan fauna bawah lautnya dikaui sebagai nomor satu di dunia. Di sini terdapat 75% spesies karang dunia, sekitar lebih dari 540 jenis karang keras, lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska.
Untuk melestarikan keanekaragaman hayati di Kepulauan Raja Ampat, ada 2 lembaga internasional yang konsen melakukan usaha konservasi yaitu CI (Conservation International) dan TNC (The Nature Conservancy). Menurut SK Menhut No. 81/KptsII/1993, pemerintah Indonesia juga telah menetapkan laut sekitar Waigeo Selatan yang mencapai luas 60.000 hektare sebagai Suaka Margasatwa Laut.

sumber : http://zonalibur.com/pesona-kepulauan-raja-ampat-papua-barat-yang-memikat/

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

 
.